WB tyre mart
Saya akan membahas mengenai tempat-tempat yang biasanya orang-orang Jakarta menghabiskan waktu luangnya. Tempat yang saya akan bahas adalah WB tyre mart yaitu sebuah bengkel mobil yang terletak di bilangan Veteran, Jakarta Selatan.


tampak depan bengkel


Banyak orang-orang Jakarta menghabiskan waktu luang mereka untuk pergi ke bengkel untuk memperindah atau menservice mobil kesayanganya mereka. Begitu juga dengan beberapa teman saya yang sangat hobi dengan modifikasi. Maka dari itu saya memutuskan untuk membahas bengkel yang ada di bilangan Jakarta tersebut. Kemudian saya mewawancara pemiliki dari bengkel tersebut yang bernama om surya. Jadi WB tyre mart adalah “sebuah bengkel atau toko yang memberikan jasa dan memberikan produk untuk sebuah kendaraan baik dari mesin, roda, maupun aksesoris lainya seperti velg dan lain-lain.”tutur beliau. Om surya mengaku lebih memfokuskan bengkelnya pada memberikan produk jasa dan layanan yang bisa di percaya oleh para konsumenya karena om surya melihat di beberapa bengkel sebagian besar konsumenya suka tidak mempercayai bengkel-begkel tersebut contohnya banyak bengkel-bengkel yang suka membohongi konsumenya demi mendapatkan keuntungan yang banyak seperti spare part yang seharusnya masih bisa dipakai namun bengkel tersebut menyarankan harus mengganti spare part tersebut karena sudah tidak layak. Hal-hal semacam itu yang suka membuat para konsumen ragu dalam memilih bengkel. Maka dari itu om surya ingin memfokuskan pada kejujuran agar para konsumen dapat percaya pada bengkel yang om surya miliki.


owner wb tyre mart

Bengkel WB tyre mart beroprasi dari jam 8:30 sampai 17:30. Bengkel om surya  ramai pada saat weekend mulai dari pagi hari kemudian saat weekdays mulai ramai pada saat setelah jam makan siang. Biasanya para konsumen dari WB tyre mart tersebut bisa menghabiskan waktu 30 menit sampai 1 setengah jam. Om surya pun juga memiliki target konsumen yang datang perharinya yaitu sebanyak 40 mobil per hari. Kemudian untuk tipe konsumen om surya mengaku tidak ada tipe-tipe konsumen yang ia targetkan semua kalangan yang memiliki kendaraan dapat datang ke bengkel tersebut. Menurut om surya lokasi tempat sangat mempengaruhi para konsumen untuk datang. Om surya membangun bengkel di lokasi tersebut dikarenakan lokasi yang sangat strategis menurutnya karena bengkel tersebut dekat dengan perumahan bintaro kemudian akses tol juga dekat dan sangat membatu untuk mengakses bengkel milik om surya tersebut. Kemudian promosi yang di lakukan om surya menggunakan media-media seperti flyer, spanduk dan media online.

Layanan yang di berikan oleh WB tyre mart adalah penggantian spare part termasuk filter oli dan oli kemudian perawatan mesin seperti tune up kamudian seputar perawatan roda seperti balancing dan spooring dan aksesoris-aksesoris untuk modifikasi. Range harga yang di tawarkan sangat besar dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Menurut om surya kelebihan dari bengkelnya adalah kepercayaan. Kemudian saat di tanya seputar kekurangan om surya mengaku bahwa menurutunya bengkel yang ia miliki kurang besar dan jalan menuju ke bengkel om surya hari ke hari semakin macet. Om surya mengaku sangat minim menerima complaint dari konsumen namun ada beberapa konsumen yang complaint hanya seputar stelan-stelan spooring, balancing maupun tune up yang masih kurang pas. Yang om surya lakukan saat itu adalah langsung memperbaiki tanpa di kenakan biaya karena om surya memberikan garansi selama 14 hari jadi selama 14 hari konsumen memilik hak untuk memperbaiki kendaraanya jika belum benar atau stelanya kurang pas.

Kemudian saya mewawancarai beberapa visitor yang datang ke bengkel milik om surya. Yang pertama adalah Mario seorang mahasiswa bina nusantara yang sangat hobi terhadap dunia otomotif, ia mengaku sudah sangat sering mengunjungi bengkel om surya bisa di bilang sudah langganan semenjak dari bangku sma ia sudah menjadi pelanggan tetap dari bengkel milik om surya itu. Mario sangat hobi dengan modifikasi semenjak menduduki bangku sma. Alasan Mario memilih bengkel tersebut karena deket dengan rumahnya kemudian orang tua Mario sudah sangat kenal dekat dengan om surya kemudian bengkel tersebut menurut Mario pelayanan sangat bangus kemudian service yang di berikan sudah sangat memuaskan, barang-barang yang di sediakan juga lengkap, harganya terjangkau, dan karyawanya juga sopan-sopan. Ada satu kekurangan menurut Mario terhadap bengkel milik om surya tersebut yaitu kurangnya lahan parkir.  Kemudia hal lain yang membuat Mario senang datang ke tempat tersebut adalah ternyata jika membeli ban atau velg di bengkel tersebut diberikan spooring dan balancing gratis. Harapan Mario terhadap bengkel tersebut adalah agar bengkel milik om surya dapat di perbesar dan karyawan di perbanyak dengan alasan agar tidak terjadi penumpukan mobil dan servicenya menjadi cepat.


mario dengan mobil kesayanganya

Kemudian visitor lainya yang saya wawancarai adalah putra yaitu seorang pengusaha bengkel juga seperti om surya. Ia mengaku sudah 3 kali mengunjungi bengkel milik om surya tersebut. Aktivitas yang biasa di lakukan adalah service mobil seperti spooring dan balancing. Ia memilih bengkel tersebut karena menurut putra kerjanya bagus dan harganya juga terjangkau di banding dengan bengkel yang lain. Dari segi lokasi menurut putra sangat strategis  dan juga dekat dengan rumahnya. Service yang bagus menurut putra adalah kelebihan yang di miliki bengkel milik om surya tersebut. Kemudia hal lain yang membuat putra senang datang ke bengkel tersebut ia pernah mendapatkan discount pada saat membeli oli.


putra yang sedang menunggu kendaraanya di service





Leave a Reply