WB tyre mart
Saya
akan membahas mengenai tempat-tempat yang biasanya orang-orang Jakarta
menghabiskan waktu luangnya. Tempat yang saya akan bahas adalah WB tyre mart
yaitu sebuah bengkel mobil yang terletak di bilangan Veteran, Jakarta Selatan.
tampak depan bengkel
Banyak
orang-orang Jakarta menghabiskan waktu luang mereka untuk pergi ke bengkel
untuk memperindah atau menservice mobil kesayanganya mereka. Begitu juga dengan
beberapa teman saya yang sangat hobi dengan modifikasi. Maka dari itu saya
memutuskan untuk membahas bengkel yang ada di bilangan Jakarta tersebut.
Kemudian saya mewawancara pemiliki dari bengkel tersebut yang bernama om surya.
Jadi WB tyre mart adalah “sebuah bengkel atau toko yang memberikan jasa dan
memberikan produk untuk sebuah kendaraan baik dari mesin, roda, maupun
aksesoris lainya seperti velg dan lain-lain.”tutur beliau. Om surya mengaku
lebih memfokuskan bengkelnya pada memberikan produk jasa dan layanan yang bisa
di percaya oleh para konsumenya karena om surya melihat di beberapa bengkel
sebagian besar konsumenya suka tidak mempercayai bengkel-begkel tersebut contohnya
banyak bengkel-bengkel yang suka membohongi konsumenya demi mendapatkan
keuntungan yang banyak seperti spare part yang seharusnya masih bisa dipakai
namun bengkel tersebut menyarankan harus mengganti spare part tersebut karena
sudah tidak layak. Hal-hal semacam itu yang suka membuat para konsumen ragu
dalam memilih bengkel. Maka dari itu om surya ingin memfokuskan pada kejujuran
agar para konsumen dapat percaya pada bengkel yang om surya miliki.
owner wb tyre mart
Bengkel
WB tyre mart beroprasi dari jam 8:30 sampai 17:30. Bengkel om surya ramai pada saat weekend mulai dari pagi hari
kemudian saat weekdays mulai ramai pada saat setelah jam makan siang. Biasanya
para konsumen dari WB tyre mart tersebut bisa menghabiskan waktu 30 menit
sampai 1 setengah jam. Om surya pun juga memiliki target konsumen yang datang
perharinya yaitu sebanyak 40 mobil per hari. Kemudian untuk tipe konsumen om
surya mengaku tidak ada tipe-tipe konsumen yang ia targetkan semua kalangan
yang memiliki kendaraan dapat datang ke bengkel tersebut. Menurut om surya
lokasi tempat sangat mempengaruhi para konsumen untuk datang. Om surya
membangun bengkel di lokasi tersebut dikarenakan lokasi yang sangat strategis
menurutnya karena bengkel tersebut dekat dengan perumahan bintaro kemudian
akses tol juga dekat dan sangat membatu untuk mengakses bengkel milik om surya
tersebut. Kemudian promosi yang di lakukan om surya menggunakan media-media
seperti flyer, spanduk dan media online.
Layanan
yang di berikan oleh WB tyre mart adalah penggantian spare part termasuk filter
oli dan oli kemudian perawatan mesin seperti tune up kamudian seputar perawatan
roda seperti balancing dan spooring dan aksesoris-aksesoris untuk modifikasi.
Range harga yang di tawarkan sangat besar dari ratusan ribu sampai jutaan
rupiah. Menurut om surya kelebihan dari bengkelnya adalah kepercayaan. Kemudian
saat di tanya seputar kekurangan om surya mengaku bahwa menurutunya bengkel
yang ia miliki kurang besar dan jalan menuju ke bengkel om surya hari ke hari
semakin macet. Om surya mengaku sangat minim menerima complaint dari konsumen
namun ada beberapa konsumen yang complaint hanya seputar stelan-stelan
spooring, balancing maupun tune up yang masih kurang pas. Yang om surya lakukan
saat itu adalah langsung memperbaiki tanpa di kenakan biaya karena om surya
memberikan garansi selama 14 hari jadi selama 14 hari konsumen memilik hak
untuk memperbaiki kendaraanya jika belum benar atau stelanya kurang pas.
Kemudian
saya mewawancarai beberapa visitor yang datang ke bengkel milik om surya. Yang
pertama adalah Mario seorang mahasiswa bina nusantara yang sangat hobi terhadap
dunia otomotif, ia mengaku sudah sangat sering mengunjungi bengkel om surya
bisa di bilang sudah langganan semenjak dari bangku sma ia sudah menjadi
pelanggan tetap dari bengkel milik om surya itu. Mario sangat hobi dengan
modifikasi semenjak menduduki bangku sma. Alasan Mario memilih bengkel tersebut
karena deket dengan rumahnya kemudian orang tua Mario sudah sangat kenal dekat
dengan om surya kemudian bengkel tersebut menurut Mario pelayanan sangat bangus
kemudian service yang di berikan sudah sangat memuaskan, barang-barang yang di
sediakan juga lengkap, harganya terjangkau, dan karyawanya juga sopan-sopan.
Ada satu kekurangan menurut Mario terhadap bengkel milik om surya tersebut yaitu
kurangnya lahan parkir. Kemudia hal lain
yang membuat Mario senang datang ke tempat tersebut adalah ternyata jika
membeli ban atau velg di bengkel tersebut diberikan spooring dan balancing
gratis. Harapan Mario terhadap bengkel tersebut adalah agar bengkel milik om
surya dapat di perbesar dan karyawan di perbanyak dengan alasan agar tidak
terjadi penumpukan mobil dan servicenya menjadi cepat.
mario dengan mobil kesayanganya
Kemudian
visitor lainya yang saya wawancarai adalah putra yaitu seorang pengusaha
bengkel juga seperti om surya. Ia mengaku sudah 3 kali mengunjungi bengkel
milik om surya tersebut. Aktivitas yang biasa di lakukan adalah service mobil
seperti spooring dan balancing. Ia memilih bengkel tersebut karena menurut
putra kerjanya bagus dan harganya juga terjangkau di banding dengan bengkel
yang lain. Dari segi lokasi menurut putra sangat strategis dan juga dekat dengan rumahnya. Service yang
bagus menurut putra adalah kelebihan yang di miliki bengkel milik om surya
tersebut. Kemudia hal lain yang membuat putra senang datang ke bengkel tersebut
ia pernah mendapatkan discount pada saat membeli oli.
putra yang sedang menunggu kendaraanya di service