Warung Barokah
Ia post yang berikutnya saya akan membahas mengenai tempat makan yang ada di daerah Jakarta selatan yang bernama warung barokah. Kemudian saya dapat mewawacarai pemilik dari tempat makan tersebut yang bernama hendra biasa di panggil sebagai mang een. Makan-makanan yang di jual oleh mang een lebih keperpaduan antara chinese food dengan jawa contohnya seperti tongseng, nasi goreng, mie ayam, nasi kebuli dan lain-lain. Selain makanan ternyata mang een juga menjual seperti tabung gas, rokok dan pulsa. Warung barokah tersebut beroprasi mulai dari jam 4 sore sampai jam 4 pagi. Menurut mange en warung miliknya ramai pada saat hari libur seperti sabtu minggu dari mulai jam 8 sampai jam 10 malam, itu  adalah jam saat warungnya sangat ramai.


warung barokah

Warung mang een sebelumnya ada di daerah tanah kusir namun tempat mang een jualan tersebut akan di bangun 7 eleven akhirnya mang een harus pindah dan mencari tempat yang baru untuk ia berjualan. Akhirnya mang een pindah ketempat yang sekarang yaitu di daerah veteran. Mang een pindah ke veteran karena melihat pulang di sekitar situ tidak ada tempat makan yang sama seperti yang mang een milik. Mang een mengaku sudah memulai usaha warung barokah ini semenjak tahun 2001 dan masih bertahan sampai sekarang. Dalam sehari mang een mengaku konsumen yang datang bisa mencapai 40 orang. Kisaran harga yang di tawarkan mulai dari 12.000 sampai 25.000. ternyata para pelanggan mang een tidak hanya makan saja yang di lakukan di warung barokah mang een menyediakan sebuah tv kecil yang biasanya di gunakan untuk nobar atau nonton bola bareng.


pemilik warung barokah

Promosi yang di lakukan mang een yang pertama ialah dari mulut ke mulut kemudia mang een mengaku juga menggunakan media sosial untuk mempromosikan tempat jualanya seperti facebook dan twitter. Menurut mang een promosi yang paling efektif ialah dari mulut kemulut banyak pelangganya yang datang karna di berikan rekomendasi dari temanya bahwa warung makan milik mang een enak. Kendala yang sekarang di alami mang een adalah pencahayaanya yang kurang.

Kemudian saya mewawancarai pengunjung yang datang ke warung mang een tersebut yang pertama adalah dimas sorang mahasiswa. Dimas mengaku sudah 5 kali mengunjungi warung milik mang een tersebut biasanya ia datang bersama teman-temanya. Menurut dimas sendiri makanan yang di tawarkan sangat lah enak kemudian tempatnya juga nyaman, dimas bisa menghabikan 1 setengah sampai 2 jam saat sedang makan di warung barokah. Makanan favorit dimas di warung mang een adalah mie ayam. Dari segi harga menurut dimas makanan disini sangat murah kemudian kelebihan dari tempat mang een ini memiliki tempat parkir yang cukup luas jadi orang akan lebih mudah jika ingin makan di warung milik mang een tersebut. Menurut dimas makanan yang di tawarkan mang een kurang bervariasi. Jadi yang harus di tingkatkan lagi untuk warung milik mang een tersebut menurut dimas adalah variasi makanan di tambah lagi agar para pengunjung yang makan tidak merasa bosan.


dimas, mahasiswa


Yang berikutnya yang saya wawancara adalah thio yang juga seorang mahasiswa. Ia sudah mengunjungi warung mang een sebanyak 8 kali biasanya thia dateng bersama teman-temanya. Yang membuat thio memilih untuk datang ke warung barokah adalah karena tempatnya enak dan juga harganya murah. Alasan lain ia sering datang ke warung barokah karena warung tersebut dekat dengan rumahnya. Thio biasanya menghabiskan waktu di warung tersebut 1 sampai 1 setengah jam. Dari segi lokasi menurut thio warung milik mang een tempatnya strategis karena lokasinya yang mudah di jangkau ada di pinggir jalan dan parkiranya cukup luas jadi orang yang ingin makan di warung mang enn akan lebih mudah tidak usah pusing memikirkan parkiran. Kemudian dari segi harga menurut thio murah. Aktivitas yang di lakukan thio di tempat tersebut hanya seputar nongkrong dan makan saja. Kekurangnya menurut thio sama dengan yang dieluhkan oleh dimas yaitu kurangnya variasi makanan yang di tawarkan. Yang harus di tingkat kan menurut thio sama dengan yang di katakana oleh dimas yaitu variasi menunya di tambah lagi. Kemudian saat di tanya apakah akan dateng lagi kesini? Thio menjawab pasti kesini lagi karena ini kaki limanya bagus.



thio, mahasiswa

Leave a Reply